Memperbaiki AC Mobil
AC Mobil
merupakan salah satu komponen yang begitu penting keberadaannya dalam kendaraan
seperti mobil. AC berfungsi untuk membuat temperatur di dalam ruangan menjadi
nyaman. Apabila suhu di dalam ruangan terasa panas, kemudian AC diaktifkan maka
udara panas ini akan diserap sehingga temperatur udara di ruangan tersebut
menurun. Dan jika di dalam ruangan udaranya lembab, kelembaban akan dikurangi
oleh sistem AC sehingga udara dipertahankan pada tingkat yang menyenangkan.
Seiring
berjalannya waktu tanpa perawatan yang tepat, performa AC akan terasa menurun.
Hal itu dapat dirasakan dari suhu atau tingkat dingin yang dihasilkan mulai
kurang terasa. Jika AC mulai berpotensi mengalami kerusakan. Hal ini tentu
dapat membuat kenyamanan Anda dalam berkendara akan terganggu.
Untuk itu,Penulis akan memberikan petunjuk signkat mengenai cara kerja AC,
mengapa AC dapat rusak, dan cara yang perlu Anda lakukan. Simak ulasan berikut
ini :
Memahami AC Mobil
Ketahuilah,
AC sebenarnya mirip kulkas, hanya tampilannya berbeda. AC didesain untuk
memindahkan panas dari satu tempat (dalam mobil Anda) ke tempat lain (di luar).
Kita tidak akan membicarakan setiap jenis AC pada setiap merk mobil di sini,
namun penjelasan tentang AC disini akan memberikan pemahaman bagi anda untuk
bisa berbicara dengan jelas kepada mekanik AC sesungguhnya.
Memahami
komponen utama AC mobil:
Kompresor:
Mengkompresi dan mensirkulasikan zat pendingin di dalam sistem AC
Freon: pada
mobil modern, freon menggunakan jenis R 134a, dan pada mobil lama menggunakan
freon R 12, yang sekarang makin mahal dan langka, juga membutuhkan ijin untuk
penjualannya. Freon tugasnya menghilangkan hawa panas.
Kondensor :
untuk merubah bentuk freon dari gas menjadi cair dan menlenyapkan hawa panas
dari mobil.
Katup
ekspansi : bertugas menjadi semacam pentil yang berfungsi me nurunkan tekanan
cairan freon, mengukur alirannya dan mengatomisasinya.
Evaporator:
Bagian ini mendinginkan udara yang disemburkan melaluinya, sehingga udara
menjadi dingin.
Receiver/dryer:
Ini berfungsi sebagai filter freon / oli, menghilangkan kelembaban dan kotoran
lain.
Memahami
proses pendinginan udara. Pada intinya, kompresor menekan freon dan mengirimnya
ke sirip pengembun. Umumnya sirip ini terdapat di bagian depan radiator mobil
anda.
Menekan gas
akan membuatnya panas. Dalam kondensor, panas akan bertambah, dan panas yang
ditangkap oleh freon akan dikeluarkan ke udara luar. Saat suhu freon menurun ke
titik saturasinya, freon akan berubah ujud dari gas menjadi cair. Cairan
kemudian mengalir melalui katup ekspansi, menuju evaporator, dan bagian cair
dari freon akan menyerap panas dari udara melalui sirip-sirip dan
menguapkannya.
Blower AC
meniupkan udara melalui evaporator yang dingin menuju interior mobil anda.
Freon kembali ke siklus pendinginan awal.
Memperbaiki AC
Langkah
pertama dalam tahap ini Anda perlu memeriksa komponen freon AC dan pastikan
tidak terjadi kebocoran. Memang kebocoran tak sulit untuk dideteksi namun
proses satu ini terbilang sulit karena Anda perlu membongkar komponen AC untuk
perbaikan. Segera lakukan pemeriksaan karena jika memang terjadi kebocoran,
sistem AC tidak memiliki tekanan yang cukup untuk bekerja. Cari pentil bagian
bawah dan periksa tekanannya.
Jangan gunakan
apapun untuk menusuk pentil untuk melihat apakah ada gas yang keluar, ini tidak
diijinkan. ini disebut venting.
Pastikan
kompresor berputar.
Nyalakan
mesin dan AC, periksa di bawah kap mesin. Kompresor ac biasanya benda berbentuk
pompa yang pada sisinya ada slang besi dan karet menuju kepadanya. Mungkin
tidak ada penutup, tapi ada dua katup berbentuk pentil sepeda. Pulley di bagian
depan kompresor adalah pulley bagian luar dan sambungan bagian dalam yang akan
berputar saat AC dinyalakan.
Jika AC dan blower
menyala, tapi bagian tengah dari pulley tidak berputar artinya kompresor tidak
berputar. Ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan,
switch AC yang rusak, atau sistem kekurangan Freon. Pada umumnya sistem AC
memiliki sistem pengaman yang akan memutuskan arus jika freon tidak cukup.
Lihat bagian
lain yang mungkin kurang benar. Masalah lain yang mungkin terjadi pada AC
adalah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fanbelt putus
(mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kerusakan seal di dalam
kompresor.
Rasakan
apakah ada udara dingin. Jika ada udara dingin namun hanya sedikit, mungkin ini
disebabkan hanya karena tekanan yang kurang, dan anda bisa menambahkan freon.
Biasanya toko suku cadang menyediakan freon beserta petunujuk pengisiannya.
Jangan isi
terlalu banyak! Menambahkan freon melebihi rekomendasi tidak akan menambah
kemampuan pendinginannya, tapi malahan akan menguranginya. Sebenarnya, dengan
alat yang lebih mahal pada bengkel AC akan memonitor kondisi sebenarnya pada AC
Anda saat menambahkan freon. Saat pendinginan berkurang, kurangi tekanannya
sampai kemampuannya meningkat lagi.
********** Sahabat Karib.com **********
Terima kasih atas kunjungannya.
No comments:
Post a Comment